Penampilan Meningkatkan Wibawa Seseorang

Category:

Penampilan ternyata sangat berpengaruh didunia kerja. Dengan penampilan yang menarik dan enak dilihat bisa meningkatkan bargaining position kita di mata orang. Di dalam lowongan pekerjaan sering dicantumkan kata “berpenampilan menarik”, hal tersebut bisa menjadi satu nilai tawar kita saat nego gaji. Orang yang berpenampilan menarik dan meyakinkan akan bisa memperoleh gaji lebih tinggi disbanding yang berpenampilan kurang menarik. Hal ini tidaklah berlaku mutlak.
Aku mempunyai satu pengalaman menarik berkaitan dengan penampilan. Pengalaman ini membuatku sadar kalau penampilan itu penting adanya. Ceritanya adalah ketika aku bekerja sebagai purchase staff di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang alas kaki di kota Tangerang. Di perusahaan ini sebenarnya ada seragam, tapi kadang banyak juga yang tidak menggunakan seragam. Kalau di tempat bekerja sebelumnya seragam itu membedakan mana itu staff kantor dan juga mana staff produksi, tapi disini tidak bisa diperlakukan seperti itu.
Waktu awal masuk aku sering berpakaian santai seperti biasanya saja, dengan kemeja dan celana jeans serta sepatu casual. Ternyata berpakaian tersebut membuatku agak kerepotan sendiri dengan pihak security. Pertama-tama aku maklum aja, dan menganggap karena mereka belum kenal saja. Ternyata akunya yang tidak betah, aku harus bikin surat ijin setiap aku mau keluar istirahat. Memang bukan hal yang susah sih, tinggal tulis aja, tapi hal itu membuatku merasa tidak nyaman, dan itu berlangsung ada semingguan.
Aku mulai berfikir bagaimana caranya agar aku diperlakukan sama dengan staff-staff lainnya. Fikir punya fikir akhirnya nemuin ide untuk mengubah penampilanku, karena aku rasa penampilanku sama dengan orang produksi. Esok harinya aku coba untuk memakai celana katun menggantikan jeansku dan sepatu pantofel sebagai pengganti sepatu casualku. Ternyata manjur juga ideku tersebut, security tidak lagi banyak Tanya dan minta ini itu, melihat aku dengan tampilan tersebut mereka jadi lebih respect. Sungguh ini merupakan pengalaman yang berharga buatku, ternyata penampilan juga mempengaruhi wibawa orang.
By Fakhrudin

Comments (0)