Manfaatkan hidup ini semaksimal mungkin (hidup itu tidak lama)

Category:

Tak terasa tapi pasti waktu itu terus berjalan. Lamanya waktu antara satu orang dengan orang lain berbeda merasakannya, ada yang bilang terasa lama ada yang bilang sangat sebentar, semua tergantung dari hati masing-masing orang. Ada pepatah jawa yang mengatakan "Urip ke ibarat wong mampir ngombe", ternyata kata-kata ini bener juga. Tidak terasa penulis sekarang saja sudah melewati 26 tahun hidup didunia, cukup lama ukurannya tapi yang penulis rasakan kayaknya belum lama deh penulis lulus SD. :D
Di usia yang sudah hampir 26 tahun ini, penulis sering memikirkan apa saja yang telah diperbuat, apa yang telah didapat dan apa yang telah dihasilkan. Ternyata kalau diingat-ingat sepertinya baru seujung kuku jari apa yang telah penulis perbuat selama ini. Belum ada hasil yang membanggakan ataupu hal besar yang bisa dibanggakan, yang ada hanya prestasi pribadi yang itupun belum seberapa. Ternyata banyak waktu yang penulis buang dengan sia-sia.
Coba temen-temen lihat dan baca kisah-kisah orang-orang sukses yang ada didunia. Walaupun tidak semuanya akan tetapi sebagian besar dari mereka tidak pernah menyia-nyiakan waktunya untuk hal-hal yang tidak berguna. Mereka selalu menggunakan waktunya untuk improvement atau meningkatkan kemampuan dan menghasilkan sesuatu. Pikiran-pikiran seperti itulah yan gperlu ditanamkan di dalam hati kita, sehingga waktu tidak akan terbuang sia-sia.
Di dalam ajaran Islam diterangkan bahwa gunakan 5 waktu mu sebelum datang 5 waktu yang lain. Gunakan waktu mudamu sebelum datang masa tuamu, gunakan waktu sehatmu sebelum datang masa sakitmu, gunakan masa lapangmu sebelum datang masa sempitmu gunakan masa kayamu sebelum datang miskinmu dan gunakan masa hidupmu sebelum datang ajalmu. Inilah waktu-waktu yang sangat berharga yang harus kita manfaatkan dengan semaksimal mungkin.
Marilah temen-temen kita lakukan hal-hal yang berguna untuk hidup kita dan juga orang lain. Bekerjalah seakan-akan hidup selamanya didunia dan beribadahlah seakan-akan besok telah datang ajalmu. Gajah mati menginggalkan gading, harimua mati meninggalkan belang dan manusia mati meninggalkan kenangan. Maka tinggalkanlah kenangan yang berharga dan berguna. Jangan sia-siakan hidup ini, gunakan waktu yang ada dengan semaksimal mungkin agar tidak menyesal pada akhirnya.

Comments (0)