Bohong, Bohong dan Bohong….!

Category:

Bohong adalah sebuah perbuatan yang berdosa, tapi setiap manusia biasa pasti pernah berbohong. Ada yang mengatakan bohongnya karena terpaksa, demi kebaikan ataupun memang kebiasaan. Tapi yang namanya bohong tetap saja bohong.

Ada yang bilang lebih baik diam saja daripada bohong karena satu kebohongan akan melahirkan kebohongan-kebohongan berikutnya. Sekali kita berbohong maka untuk menutupi kebohongan itu kita harus berbohong lagi, kalau tidak maka kebohongan itu akan terbongkar. Tapi sepintar apapun orang menyimpan bangkai tetap akan tercium baunya juga. Jadi yang namanya kebohongan akan kelihatan juga.

Kadang aku berfikir untuk bisa membohongi diri sendiri, tapi ternyata tidak bisa. Kadang aku ingin mengelak bahwa sesuatu itu tidak benar, tapi hati ini tetep saja tahu. Padahal untuk berbohong kepada orang sangatlah mudah. Tinggal mengucapkan apa yang bukan sebenarnya sudah menjadi kebohongan kepada orang lain.

Sering dalam diri ini ingin tidak tahu masalah yang terjadi, sering ingin melupakannya ataupun menganggap itu tak ada. Hati ingin berbohong, tetapi kok tidak bisa. Yang bisa kulakukan hanya mengelak dan pura-pura tidak tahu. Tetapi tetap saja hati ini merasa ada yang aneh.

Bagaimana caranya agar kita bisa berbohong pada diri sendiri? Apakah itu mungkin? Aku rasa tidak ada caranya, yang ada hanya kepura-puraan bukan kebohongan. Hidup hanya akan penuh dengan sandiwara belaka. Walaupun sebenarnya hidup memang sandiwara, dimana kita sebagai dalang dan sekaligus jadi wayangnya. Kita sendiri yang menentukan peran main kita.

Sandiwara dalam hidup juga bisa disebut kebohongan, karena itu berarti tidak menunjukkan siapa kita sebenarnya. Tapi orang kadang memiliki banyak peran dalam kehidupan, sehingga ia sendiri lupa mana jati diri dia yang sesunguhnya. Hidup sebenarnya mengalir dan janganlah terbawa arus aliran itu. Tapi sering orang itu terseret kedalam arus tanpa dia sadari.

Kunci dari semua itu adalah mulut dan hati. Kedua buah benda ini harus disinkronkan, atau disejajarkan agar semua berjalan dengan benar. Mulut bisa berbohong, tapi hati tidaklah bisa, karena hati tahu mana yang benar dan mana yang tidak benar.

Jagalah mulumu karena mulut adalah senjata paling menakutkan di dunia, dia bisa membuat kemuliaan ataupun kehancuran dunia. Gunakan mulutmu agar menjadi senjata yang memuliakan dirimu dan dunia ini. Ajining diri seko lathi. Fakhrudin

Comments (0)