Menuju Kemenangan

Category:

Hampir sebulan kita menjalankan ibadah puasa, ibadah yang sepenuhnya ditujukan kepada Allah. Tidak ada orang yang bisa menilai puasa seseoarang diterima atau tidak, karena emang itulah hak Allah.
Di dalam lagunya Bimbo mengatakan bahwa kita berpuasa untuk bisa menjaga kita agar rendah hati selalu. Itu memang benar adanya, karena dengan berpuasa kita bisa merasakan bagaimana rasanya orang yang kelaparan dan tidak mempunyai makanan. Hati umat manusia diketuk untuk bisa peduli kepada sesamanya.
Didalam riwayat Nabi Muhammad SAW diceritakan bahwa awal mula perintah puasa dibulan Romadhon terjadi di tahun kedua Hijriah. Awalnya Nabi Muhammad SAW memerintahkan untuk puasa sunat pada tanggal 10 Muharam, ketika itu Nabi Muhammad SAW melihat orang-orang yahudi melakukan puasa karena Nabi Musa a.s suka menjalankan puasa pada tanggal tersebut untuk memperingati bebasnya Bani Israel dari kekejaman fir'aun. Nabi Muhammad SAW menyatakan bahwa umat Islam lebih berhak untuk melakukan puasa dibandingkan orang Yahudi.
 Selain itu Nabi juga bersabda bahwa perang terbesar adalah perang melawan hawa nafsu yaitu puasa. Perang ini lebih besar daripada perang uhud, perang badar dan perang-perang lainnya. Dari hal ini dapat disimpulkan bahwa musuh terbesar kita adalah diri kita sendiri. Dimana diri ini selalu digoda oleh setan yang juga merupakan musuh yang nyata bagi kita. Oleh karena itu pula maka setelah kita menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh kita akan mendapatkan kemenangan, kemenangan melawan hawa nafsu kita.
Semoga kita benar-benar memperoleh kemenangannya jangan hanya baju baru, mobil baru, rumah baru atau pacar baru. Akan tetapi kembali ke fitrahnya, kembali menjadi suci. Semoga ibadah puasa kita bisa diterima Allah SWT. Amin.....

Comments (0)