Tip Dan Trik Sebagai Fungsional Penyuluh Perindag

Category:


Sudah lama sekali penulis tidak mengupdate blog ini.... Maklum lah lagi sibuk ma kerjaan, hohohoho...... (sombongnya....). Kali ini penulis akan berbagi trik dan tips buat teman-teman yang memilih jalur fungsional seperti yang penulis lakukan. Bukan suatu bencana jadi penyuluh perindag itu, tapi bersyukurlah karena banyak kenikmatan yang akan kita dapat (walau mungkin jauh dari fungsional yang lain, macam pertanian, perikanan, metrologi, dsb). Dalam menjalani pekerjaan sebagai penyuluh perindag terdapat cara-cara yang dapat mempermudah dalam menjalaninya, berikut ini tip dan triknya. cekibrot....!!!!

Sebelum masuk ke tip dan triknya.... penulis akan sharing tentang kenikmatan dan enaknya jadi penyuluh perindag dulu (tapi ini versi penulis lho.... hehehehe):
  1. Bisa naik pangkat 2 tahun sekali (penulis start dari II-c dalam 3 tahun dah naik II-d soalnya mulai dari cpns jadi lebih setahun. 2 tahun lagi target III-a, bayangin temen-temen yang struktural III-a nya masih lama sekarang aja mereka masih II-c hehehehe)
  2. Pekerjaannya menyenangkan karena dilapangan (agak panas-panasan tapi asik) dan variatif karena pekerjaan kita sendiri yang nyiptain
  3. Punya banyak saudara (kalau pas musim lebaran sering dapat parcel or thr dari ikm hehehehe.... bukan gratifikasi tapi ini bentuk terima kasih mereka karena dah bantu mereka toh, insya Allah halal)
  4. Kalau ngajar di pelatihan, selain dapat poin dapat tambahan coin juga (kalau pas musim pelatihan pendapatan banyak bro.....)
Itu sedikit keuntungan nilai plus yang penulis dapat selama menjadi penyuluh perindag, sebenarnya masih banyak lagi. Nah sekarang penulis akan berbagi trip dan triknya supaya bisa naik pangkat cepat dan kerjanya menyenangkan.
  1. Pelajari kitab wajib penyuluh perindag (buku biru ma peraturannya), terutama di tupoksi dan nilai yang bisa didapet (itungan angka kredit bisa klik disini)
  2. Setiap melakukan kegiatan jangan lupa bukti tertulisnya (ngajar bikin bukti tertulis, berkunjung ke ikm bikin buktinya... kalau struktural kan butuh sppd ya model itulah tapi dengan format sendiri contoh bisa klik disini)
  3. Kumpulkan dan simpan yang rapi serta urut bukti-bukti tersebut dan nanti dibuat rekapnya (yang baik setiap 1 semester sekali kalau ga ya setahun sekali juga ga apa-apa)
  4. Biar coin dan poin dari mengajar mengalir, cobalah belajar dari penyuluh-penyuluh senior atau para motivator dengan sering lihat acara macam TDW atau Mario Teguh, bisa juga pelajari ketika temen-temen mengikuti pelatihan, perhatikan dengan baik dan pelajari.
  5. Sama seperti artis maka mengajar itu usahakan yang menarik dan tidak membosankan, selain para pesertanya seneng kita sendiri juga ga jenuh karena bisa berinteraksi dengan peserta. Manfaatnya kalau kita ngajar bagus besok pasti dipanggil lagi dan otomatis poin dan coinnya nambah. hehehehehe.....
  6. Menjaga hubungan baik dengan TIM Penilai angka kredit, ini penting sekali.... hehehehe..... kalau pas lagi sidang siapin snack yang enak-enak lah... ga mahal kok kan kalau sidang banyak orang jadi kita bisa iuran, insya Allah urusan jadi lancar deh.....
  7. Terakhir.... kerja yang bener ga usah terlalu mikirin poin ma koin karena sebenarnya pekerjaan ini dah dirancang sedemikian rupa sehingga kita enak bekerja (kalau temen-temen menyadari filosofinya). Koin ma poin akan mengikuti dengan sendirinya. Banyak berdoa dan bersyukur atas apa yang telah diberikan Allah.
Demikian dulu deh yang bisa penulis sampaikan, moga bisa bermanfaat bagi yang baca. Insya Allah 2015 penulis dah bisa naik III-a. Semangat........!!!!!!

Comments (2)

bismillah bisa mas jadi pns.. mohon doanya mas

Terima kasih telah memberikan gambaran ttg FPPP. Mohon kesediaan bapak Fakhrudin untuk membagi materi SKB Penyuluh Perindag. Alhamdulillah, Saya berkesempatan ke tahap SKB pak. Email saya kusumaagnes@gmail.com

Semoga Allah membalas kebaikan pak Fakhrudin.